Notification

×

Iklan

Iklan

Personil Kodim 1613/Sumba Barat, Pengamanan Pesta Adat Pasola

Rabu, 02 Februari 2022 | Februari 02, 2022 WIB Last Updated 2022-02-02T12:45:04Z


Sarainews-Lamboya SB NTT,-Komandan Kodim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi,S Hub.Int mengatakan Prajurit TNI Kodim 1613/Sumba Barat ikut serta dan siap mengamankan puncak acara pesta Adat Pasola di Lapangan Pasola Hoba Kalla Desa Patiala Bawa Kecamatan Lamboya Kabupaten Sumba Barat tahun 2022.

Hal itu disampaikan Komandan Kodim kepada para prajurit jajarannya melalui Kasdim 1613/Sumba Barat Mayor Inf Andhi Sutianto, SE sebelum pelaksanaan pengamanan puncak acara Pesta Adat Pasola pada Selasa (1/02/2022) 

Dandim mengatakan pihaknya bersama sama dengan Sat Pol PP dan stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Sumba Barat akan memback-up pihak Kepolisian  melakukan pengamanan selama pelaksanaan Ritual Adat Pasola berlangsung.

“Puncak perayaan Festival Adat Pasola  sendiri telah di sepakati oleh para tokoh adat para Rato di Kecamatan Lamboya bersama pemerintah yang diselenggarakan pada hari ini dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Dandim.

Dikatakannya, semua orang menginginkan dan mengharapkan agar pelaksanaan Adat Pasola dapat berjalan tertib, aman dan kondusif. Namun menurutnya hal itu tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang juga harus ikut menjaga keamanan, ketertiban secara baik.

"Adat dan Budaya harus tetap di jaga dan dilestarikan tetapi saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19 kesehatan tetap di utamakan dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19" Tegas Dandim.

Oleh karenanya, Ia menambahkan para prajurit khususnya Babinsa harus berperan aktif mengingatkan warga masyarakat dalam setiap kesempatan bertemu dengan warga binaan, selalu menyampaikan pesan-pesan untuk menjaga situasi keamanan dengan baik.

Sejauh ini, kata Dandim, tak ada gangguan keamanan yang sifatnya meresahkan masyarakat. Semuanya masih dalam takaran normal yang masih dapat diatasi dengan baik.

Namun meski demikian, dirinya tak lupa untuk mengingatkan anggotanya agar senantiasa waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya gangguan keamanan di wilayah Kabupaten Sumba Barat.

“Karena ini bagian dari citra pariwisata kita, maka untuk bisa memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat yang datang menikmati pelaksanaan tradisi Pasola saat ini, kita sebagai TNI harus siap segala kemungkinan terjadi dan laksanakan pengamanan dengan humanis" Tambahnya

Mengawal suksesnya pelaksanaan acara Pesta Adat Pasola 2022, Orang nomer satu di Kodim tersebut mengaku telah menyiapkan Personilnya secara maksimal untuk membantu Polri mengamankan jalannya pelaksanaan Puncat acar Festival Adat Pasola di Kecamatan Lamboya ini.

Pasola adalah permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas kuda yang merupakan bagian dari upacara ritual Marapu. Pasola diselenggarakan oleh orang Sumba bagian barat untuk merayakan musim tanam padi. Pasola merupakan bentuk ritual untuk menghormati Marapu, mohon pengampunan, kemakmuran dan untuk hasil panen yang melimpah. Kabupaten Sumba Barat dilaksanakan setiap tahun di 3 tempat yaitu di Kecamatan Lamboya, Laboya Barat dan Wanukaka.*(Tim)