Notification

×

Iklan

Iklan

Penanganan Bencana terpadu lewat Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kupang

Jumat, 11 Maret 2022 | Maret 11, 2022 WIB Last Updated 2022-03-11T05:17:14Z


Sarainews.Com-Kab Kupang,-Tim Swara Parangpuan dan Yayasan Ume Daya Nusantara mengadakan audiensi Program Hibah SIAP SIAGA – Pengurangan Risiko Pemulihan Dampak Covid-19 terhadap masyarakat di desa Wisata kabupaten Kupang dengan Bupati Kupang. 

SIAP SIAGA adalah program lima tahun yang didanai oleh Pemerintah Australia, dalam hal ini Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT), dalam kemitraannya dengan Pemerintah Indonesia untuk memperkuat penanggulangan bencana di Indonesia dan mendorong kerja sama antara Australia dan Indonesia dalam memperkuat  aksi kemanusiaan di kawasan Indo-Pasifik.

Koordinator Program Yayasan Ume Daya Nusatara Simon Sadi Open, BA., SPd  menyampaikan bahwa Program hibah tersebut akan diimplementasikan selama 9 bulan dengan strategi merevitalisasi desa wisata yang inklusi di 3 desa wisata yang ada di kec. Semau, Kec. Kupang Tengah dan Kec. Kupang Barat.  Usulan Program ini disambut baik oleh Drs. Korinus Masneno, MSi karena sejalan dengan rencana Pemda terkait dengan keberlanjutan Program Parawisata di Kabupaten Kupang pasca Pandemi. 

Bupati juga berharap agar lewat program ini ada masukan berupa sumbangan ide, pikiran, pengembangan infrastruktur dan amat terlebih penyiapan Masyarakat Penerima Tamu. Pemerintah melakukan perannya dengan segala keterbatasan telah  menyiapkan infrastrukturnya namun lebih penting lagi para pihak dapat bekerja sama menyiapkan masyarakat yang nantinya akan mengambil peran dalam perawatan, penjualan dan manajemen dari tempat wisata tersebut.