Notification

×

Iklan

Iklan

Bersama Kemenkes RI Melki Laka Lena Lakukan Sosialisasi Program Kemitraan di Oeltua Kupang

Sabtu, 18 Maret 2023 | Maret 18, 2023 WIB Last Updated 2023-03-18T11:02:30Z

 


Sarainews.Com-Kupang,Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena melaksanakan kegiatan sosialisasi kemitraan bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Gereja GMIT Elim Oeltua, Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Sabtu 18 Maret 2023 dengan mengusung tema "Edukasi Pembuatan dan Penggunaan Jamu yang Aman, Bermutu dan Bermanfaat"


Dalam pantauan awak media, acara ini dimulai pukul 10:00 Wita dengan resmi dibuka oleh perwakilan dari Kemenkes RI, Dr. Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, Apt.,MARS


Melki Laka Lena sapaan akrabnya dalam sambutan mengatakan bahwa jamu tradisional manfaatnya sangat baik dalam kehidupan manusia karena jamu dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang ada didalam tubuh manusia.


Oleh karena itu setelah kegiatan sosialisasi ini harus ada sesuatu yang di kembangkan masyarakat,  


"Kita juga akan mendampinggi sampai jadi karena di NTT banyak sekali jamu tradisional yang bisa di oleh dan di jadikan sebagai obat. Untuk urusan (BPOM) badan pemeriksaan obat dan makanan juga akan kita konsultasi sehingga mereka juga turun langsung dan mengecek apa yang di buat oleh masyarakat di sini,"Ujar Melki Laka Lena


Sementara itu wakil bupati Kupang, Jerry Manafe pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa masyarakat NTT harus bangga dengan apa yang di lakukan oleh Melkianus Laka Lena karena beliau sangat memperhatikan apa yang menjadi perioritas dalam kehidupan masyarakat seperti saat ini dirinya turun langsung di lapangan bukan hanya untuk melakukan sosialisasi tetapi juga untuk mendengar secara langsung keluhan-keluhan masyarakat sehingga bisa di perjuangkan di pusat. 


"Bukan baru kali ini saja pak Laka Lena turun langsung tetapi jika mau dihitung sudah puluhan kali beliau turun langsung ke NTT khususnya kita di Kabupaten Kupang,"Ujar Wakil Bupati Kupang.


Lebih lanjut Manafe menambahkan bahwa obat-obat tradisional yang sudah di tinggalkan oleh para orang tua terdahulu jangan dilupakan karena semua itu sangat bermanfat bagi kesehatan contohnya seperti di NTT ini ada beberapa jenis obat tradisional yang biasa di pakai yaitu jahe merah, temulawak, pariak, dan juga kelor semuanya itu sangat penting bagi kesehatan manusia.




Usai melakukan sosialisasi wakil Ketua IX DPR RI Melkianus Laka Lena kepada awak media mengatakan bahwa komisi IX DPR RI melalui fraksi Golkar bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI) khususnya Dirjen farmalkes untuk melakukan sosialisasi tentang bagaimana penggunaan jamu yang baik dalam meningkatkan kesehatan tubuh yang baik dan juga menambah wawasan dari masyarakat dalam mengkonsumsi jamu dengan baik bagi kesehatan dan kesegaran tubuhnya.


"Karena saat ini sudah banyak masyarakat yang mengkonsumsi jamu untuk kesehatan dan ketahanan tubuhnya sehingga hari ini kita berada di tenggah-tenggah masyarakat di sini untuk memberikan mereka pemahaman yang baik dalam mengkonsumsi jamu tradisional yang baik," Pungkas Melkianus


Ketika ditanyai terkait intervensi anggaran, politisi Golkar ini menyebutkan bahwa pasti dan akan mendorong Kemenkes RI, khususnya BPOM untuk memberi pelajaran kepada pengunaan-pengunaan obat tradisional terutama jamu karena ada anggaran sehingga Kemenkes RI dan BPOM diminta untuk fokus menangani terkait hal ini.


Dirinya berharap agar apa yang disampaikan pada hari ini bisa dapat di terima oleh masyarakat dan mendapat suatu hal baru dalam mengkonsumsi obat tradisional.


Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Kemenkes RI, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Dr. Robet Amheka, Kapolsek Kupang Tengah, Ipda Gurina, Plt Camat Taebenu, Kepala Desa Oeltua, mahasiswa, masyarakat, awak media serta tamu undangan lainnya.