Notification

×

Iklan

Iklan

Pengendalian Hama dan Penyakit pada Ikan Nila

Senin, 10 April 2023 | April 10, 2023 WIB Last Updated 2023-04-09T15:02:44Z

Oleh FELICITAS ANANOVA RAHMAT

NIT : 22.3.06.051

PRODI :Teknik Budidaya Perikanan

Dosen : Riris Yuli Valentine S.Pi.M.p

Pengendalian Hama dan Penyakit pada Ikan Nilai


Kegiatan budidaya khususnya budidaya ikan merupakan bentuk budidaya perairan yang kegiatan pemeliharaan atau pembesaran pada pembudidaya ikan dengan berbagai jenis ikan




Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau Indonesia. 




Kegiatan budidaya yang memiliki tingkat resiko yang tinggi sebagai penyebab terjadinya kegagalan dalam pembudidaya ikan nilai yaitu salah satunya adalah faktor penyakit. 




Ciri-ciri ikan nilai saat terkena penyakit ialah memperlihatkan tingkah laku yang tidak biasa dilakukan, karena merasa tidak nyaman dengan sesuatu yang menempel atau mengganggu tubuhnya. Tingkah laku yang biasa diperlihatkan adalah : Ikan sering berenang di permukaan air dan terlihat terengah-engah (megap-megap).



Adapula cara mengatasi terjadinya hal tersebut yaitu dengan cara Pengolahan dasar kolam, yaitu pengeringan, pengapuran dan pemupukan. ...

Memasang filter atau saringan pada pintu pemasukan air untuk mencegah sebagian hama dan vektor pembawa penyakit masuk ke dalam kolam.