Notification

×

Iklan

Iklan

Pencegahan Hama dan Penyakit Pada Ikan Nila

Rabu, 05 April 2023 | April 05, 2023 WIB Last Updated 2023-04-05T10:21:08Z

Nama :Patri muhammad ali

 NIT :22.3.06.029

Semester :II(Dua) 

Prodi : Teknik budidaya perikanan

Mata kuliah : Hama Dan Penyakit

Tahun ajaran :2023/2024

Dosen pengampuh:Riris yuli valentine, S. PI., M. P

PENCEGAHAN HAMA DAN PENYKIT PADA IKAN NILA

Pencegahan merupakan langkah yang paling efektif untuk menekan resiko hama dan penyakit ikan nila, karena bila hama dan penyakit sudah menyerang, biaya penanggulangannya akan lebih besar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan hama dan penyakit ikan nila, diantaranya. 

                           

Hama adalah organisme yg mnganggu, merusak, dan menghambat pertumbuhan organisme dalam system budidaya perairan. Hama dapat mengurahi kelangsungan hidup pada organisma perairan. Dapat berakibat turun ya prokduktivitas hingga menyebabkangagal panen yg berpotensi mengalami kerugian. 

Pengolahan dasar kolam, yaitu pengeringan, pengapuran dan pemupukan. Pengeringan dilakukan dengan menjemur dasar kolam setiap kali hendak memulai budidaya. Sinar matahari bisa membunuh sebagian besar hama dan penyakit yang mungkin ada pada periode budidaya. 


Pengendalian hama dan penyakit ikan dimaksudkan untuk mengendalikan serangan dan penyebaran penyakit. Beberapa hal dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan vaksinasi ikan, monitoring penyakit ikan, penyusunan sebaran peta penyakit ikan, penyusunan pedoman vaksinasi dan harmonisasi peraturan perundang-undangan tentang penyakit ikan. Namun hal yang paling penting adalah masyarakat pembudidaya ikan perlu memahami berbagai macam hama dan penyakit ikan, faktor penyebab, cara pencegahan serta bagaimana mengatasin