Notification

×

Iklan

Iklan

Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Ikan Budidaya Perikanan

Rabu, 05 April 2023 | April 05, 2023 WIB Last Updated 2023-04-05T03:27:04Z


NAMA: JUHARD MASRICH ELIYUD MANA'O

NIT:22.3.06.019

PRODI:TEKNIK BUDIDAYA PERIKANAN (TBP)A MATA KULIAH:HAMA DAN PENYAKIT PADA IKAN 

DOSEN:Riris Yuli Valentine,S.PI,M.P

JUDUL:PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT PADA IKAN BUDIDAYA PERIKANAN

 

hallo sobat sekalian

Pada hari ini kita akan membahas tentang budidaya ikan 


Kegiatan budidaya perikanan dalam Kegiatan budidaya ikan baik jenis ikan konsumsi ataupun ikan hias merupakan kegiatan yang mempunyai resiko tinggi terjangkit penyakit karena ikan merupakan mahluk bernyawa yang kapan saja mengalami kematian. Salah satu penyebab gagalnya kegiatan budidaya ikan ini adalah karena faktor penyakit. Munculnya gangguan penyakit pada tambak atau kolam budidaya ikan merupakan resiko biologis yang harus selalu diantisipasi. Munculnya penyakit pada ikan umumnya merupakan hasil interaksi kompleks/tidak seimbang antara tiga komponen dalam ekosistem perairan yaitu inang (ikan) yang lemah, patogen yang ganas serta kulitas lingkungan yang memburuk dapat mempengaruhi atau mempengaruhi kesehatan ikan.


Pengendalian hama dan penyakit sangat di perlukan untuk mencegah terjadinya kerugian oleh pembudi daya dan kerugian bagi orang banyak akibat mutu rendah dan penyakit yang menyerang. Untuk itu perlu di lakukan pemberantasan hama dan penyakit dengan baik, terutama pada saat pengolahan tanah pada tambak. 


Adanya hama di dalam tambak sangat menganggu dan merugikan bagi para pembudi daya dan spesies ikan itu sendiri. Untuk itu para pembudi daya juga perlu memahami lebih dalam jenis – jenis hama yang dapat mengganggu, merusak bahkan memangsa spesies yang di budidayakan. Dengan diketahuinya jenis – jenis hama tersebut maka pembudi daya dapat mencegahnya atau memberantasnya dengan memberi obat sesuai dengan jenis hama yang di ketahui. Begitu pula dengan penyakit, yang sangat merugikan sekali bagi pembudidaya karena adanya suatu penyakit dapat menyebabkan ikan mati secara mendadak dan masal dalam jangka waktu yang singkat