Notification

×

Iklan

Iklan

Monolog “Univerisitas Liliba” Mengguncang Panggung PSM III UNDANA 2023

Selasa, 07 November 2023 | November 07, 2023 WIB Last Updated 2023-11-07T02:54:07Z

Monolog “Univerisitas Liliba” Mengguncang Panggung PSM III UNDANA 2023

Foto juara  monolog terbaik dengan judul "Universitas Liliba"


Bunuh diri akhir-akhir ini menjadi kabar akrab yang menghiasi dinding media khususnya bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur. Sebagian menanggapinya dengan empeti berlumur air mata, sebagian orang menganggapinya dengan penghujatan, namun ada yang memilih memperbaiki kesadaran secara politik bahwa bunuh diri sekalipun merupakan protes sosial baik itu dari sistem pendidikan, ekonomi dan budaya. peristiwa-peristiwa tragis ini seharusnya menjadi kaca mata kita untuk menyoroti berbagai aspek yang menjadi faktor pendukung kenapa orang begitu relanya mengakhiri hidupnya dengan jalan paling kontroversial. 



Sebab itu, sebuah monolog yang berjudul “Universitas Liliba” merekam satu persatu setiap kejadian atau momen-momen yang menjadi sebab seseorang dapat sampai pada titik terakhir dalam hidupnya. Monolog Universitas Liliba membuka labirin pikiran kita, bahwa pendidikan hari ini tidak mementingkan ilmunya tetapi lebih memprioritaskan gengsi keluarga. 



Monolog “Universitas Liliba” meraih juara I mata lomba monolog pada PSM III UNDANA. Naskah yang diciptakan oleh Ama Radja dan disutradarai oleh Kristo Mullyagan Robot serta team monolog Universitas Liliba terdiri dari, pemusik Galang Lamahoda, Lighiting Mas Ragil, make-up Vini, sukses menarik perhatian khalayak Universitas Nusa Cendana Kupang pada perlombaan PSM III UNDANA, yang disaksikan langsung oleh rektor UNDANA.


Monolog “Universitas Liliba” yang diperankan oleh seorang mahasiswi atas nama Anisa Neo, menceritakan tentang  Lili sebagai seorang mahasiswi universitas liliba, jurusan keperawatan yang mengalamai tekanan – tekanan hidup yang beruntun, baik dari kisah romantika hingga pada kemauan orang  tua  yang tidak sesuai dengan kemauan Lili. Hal itu berbanding terbalik dengan keinginan Lili sebagai seorang penulis dan menemukan kebebasan dalam belajar untuk mengapai keinginannya tersebut. Karena mengalami tekanan sedemikian rupa, Lili pun mengindakan kemauan orang tua bahwa Lili wisuda pada tahun itu. Namun sayangnya Lili memilih untuk mengakhiri hidupnya, bertepatan dengan hari dimana universitas liliba menyelenggarakan wisuda. 



Monolog yang ditulis oleh Ama Raja, disutradarai oleh Kristo Mullyagan Robot, diperankan itu menjadi sorotan para juri dan juga Rektor Universitas Nusa Cendana-Kupang yang dalam sambutannya pada hari Minggu, 05 November 2023,Ia menyampaikan hal yang sama sesuai isu yang diangkat dalam monolog tersebut, menurut Rektor Universitas Nusa Cendana masalah semacam ini juga berkaitan dengan masalah kesehatan mental mahasiswa. 



Bahwasannya sesuai fakta hari ini begitu banyak Mahasiswa yang diakhir masa studinya memilih untuk mengakhiri hidup karena pada dasarnya kesehatan mental itu terganggu, hilangnnya pemahaman dam juga kesadaran mahasiswa. Selain itu, Rektor Universitas Nusa Cendana pada akhir sambutannya,mengharapkan Universitas Nusa Cendana tetap dengan namanya,tidak kemudian diganti dengan Universitas Liliba. Ini memberi suatu pemahaman kepada kita semua pada umumnya dan terkhusus kepada seluruh civitas akademis Universitas Nusa Cendana terlebih para mahasiswa bahwa pentingnya menjaga kesehatan mental dalam kehidupan sosial.