Notification

×

Iklan

Iklan

Persiapan Kecil Sambut Trihari Suci

Kamis, 01 April 2021 | April 01, 2021 WIB Last Updated 2021-03-31T23:35:27Z

 

Sarainews-Kupang,-Bagi umat Kristiani, perayaan Paskah adalah perayaan puncak dari seluruh misteri iman akan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Sudah pasti, perayaan ini selalu dipersiapkan dengan sungguh baik. Berikut ini, sebagai orang beriman Kristiani, saya akan sajikan beberapa persiapan kecil yang perlu dilakukan sebelum memasuki Trihari Suci. Untuk diketahui, saya hanya akan fokus pada Perayaan Trihari Suci. Trihari Suci terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Alleluya. Beberapa hal yang perlu disiapkan di antaranya adalah sebagai berikut: 

Pertama, persiapan diri baik fisik maupun rohani. Tentu saja, kebersihan fisik dan kerapihan, sangat mempengaruhi setiap orang dalam mengikuti hari-hari istimewa ini. Hal ini juga berkaitan dengan kenyamanan berada di antara sesama umat lainnya. Dari antara itu, pakaian yang mendukung merupakan satu alasan yang baik seseorang merayakan sebuah perayaan iman. Sementara persiapan rohani menyangkut hati dan pikiran. Iman Kristiani lahir dari prinsip pertemuan dengan Allah yang tak kelihatan di dalam Kristus yang telah hadir dalam dunia dan senantiasa menyertai umat-Nya. Perjumpaan dengan Allah membutuhkan konsentrasi diri yang total dan khusyuk. Dengan itu, ada suasana bahagia dan sukacita di dalam hati dan pikiran. Sedapat mungkin, tidak perlu ada rencana lain atau pekerjaan lain ketika akan mengikuti Misa. Hal-hal atau rencana lainnya bila berkenan, ditinggalkan. Jangan sampai, Misa yang meriah dihantui dengan segudang rencana yang sudah dan belum dituntaskan. KEDUA, buku-buku Liturgi. Perayaan besar ini biasa ada panduan Misa. Sedapat mungkin setiap umat atau setiap keluarga wajib memiliki. Untuk baiknya, panduan biasa disiapkan di gereja oleh para pelayan atau panitia. Bisa hubungi pihak yang terpercaya. KETIGA, lilin kecil. Setiap keluarga, sudah harus menyiapkan lilin dari rumah. Bila sudah disiapkan di Gereja, maka pastikan agar segera mendatangi para petugas untuk mengetahui dan memilikinya. KEEMPAT, wadah untuk air berkat. Pada umumnya, air berkat Sabtu Alleluya sangat diminati oleh umat. Karena itu, sebelum berangkat ke Gereja, botol atau jerigen untuk memiliki air berkat dari Perayaan Sabtu Alleluya harus sudah disiapkan. Mengingat semua umat pasti berjuang untuk memperoleh air berkat ini. Untun solusinya, meminta agar para petugas Gerejalah yang membagi. 

Oke, baiklah. Demikian beberapa petunjuk praktis dan sederhana serta apa adanya yang perlu dipersiapkan oleh umat berima Kristiani ketika memasuki Trihari Suci. Semoga bermanfaat demi perkembangan iman kita. Sekian dan terima kasih, Tuhan memberkati.

*Naskah disiapkan oleh Rm. Deodatus D. Parera