Notification

×

Iklan

Iklan

Sosialisasi Pemberdayaan Potensi Dirgantara di Lanud El Tari

Senin, 18 April 2022 | April 18, 2022 WIB Last Updated 2022-04-18T08:26:30Z

 


Sarainews.Com-Kupang,-Sosialisasi pemberdayaan Potensi dirgantara disampaikan oleh paban VI Taswilud Spotdirga Marsna TNI Roland DG Waha.Sosialisasi Pemberdayaan Potensi Dirgantara dan Pembinaan Potensi Perbatasan Wilayah Udara (Binpottaswilud) dilaksanakan di Vip Room di Lanud El Tari. Turut hadir Danlanud El Tari Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, S.T., M.Hum., M.Han. Kadispers Lanud El Tari Kolonel Adm Achmad Hudi, Kadislog Lanud El Tari Kolonel Tek Eri Suryanto, Dansatpom Lanud El Tari, Letkol Pom Yohanes Chandra Christian., S.H, Pjs.Kadispotdirga Lanud El Tari,Letkol Lek Nugroho W., Dankipan C Yonko 466 Pasgat Kupang, Kapten Pas Arista Triwibowo, Perwira Staf dan Personel Lanud El Tari, Kipan C Yonko 466 Kopasgat, Saka Dirgantara, Perwakilan Karang Taruna Penfui, Bela Negara serta Perwakilan SMA 3 Kupang, SMA Geovanni dan SMKN 2 Kupang.Senin.(18/04/2022).

Danlanud El Tari,dalam sambutannya menyampaikan, Bahwa Bangsa Indonesia yang berdiam dalam sebuah negara kepulauan terbesar dengan letak strategis yang ditinjau dari berbagai aspek kehidupan. Maka kekuatan Udara menjadi hal yang harus dikelola dengan baik bersama aspek-aspek kehidupan lainnya. Untuk itu, demi membangun kemampuan Nasional Air Power yang diinginkan tentunya tidak bisa dalam waktu sekejap perlunya dalam hal ini Pembinaan Potensi Batas Wilayah Udara ( Binpottaswilud) Disamping itu juga perlu dipahami tugas dan kewajiban untuk melaksanakan pertahanan negara di udara dengan cara melaksanakan pendekatan dengan komponen dengan potensi yang ada. Lanud El Tari telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Pengisian Pos pos Perwakilan TNI AU di NTT, Serbuan Vaksin, Pembangunan Sumur Bor, Operasi Katarak dan berbagai hal yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk terciptanya Pemberdayaan Potensi Dirgantara dan Pembinaan Potensi Perbatasan Wilayah Udara.

Paban VI Taswilud Spotdirga, Marsma TNI Rolland Dulista.G Waha juga menyampaikan bahwa Binpotdirga dalam rangka membina dan mengembangkan sumber daya nasional aspek kedirgantaraan untuk dijadikan komponen cadangan dan komponen pertahanan negara untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang pertahanan negara matra udara, yang dapat menjelaskan, menerangkan, menguraikan tentang bagaimana cara melaksanakan kegiatan Binpotdirga dengan baik dan benar.

Bahwa dalam pelaksanaanya Spotdirga merupakan staf umum pimpinan Mabesau yang berwenang langsung di bawah Kasau, bertugas membantu Kasau dalam menyelenggarakan fungsi staf umum TNI AU di bidang potensi Dirgantara yang meliputi penyelenggaraan, pembinaan kemampuan dirgantara, pembinaan potensi sosial, dan pembinaan wilayah perbatasan Udara.

kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian yang diprogramkan oleh TNI Angkatan Udara dalam kegiatan Binpotdirga yang merupakan tanggung jawab Staf Potensi Dirgantara atau Spotdirga. Bahwa Komponen Cadangan Matra Udara dibentuk berdasarkan Undang-undang RI No 24 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional pertahanan dan Peraturan Pemerintah RI No 3 tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-undang nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional pertahanan serta Peraturan Pemerintah RI No 3 tahun 2021 tentang pembentukan, penetapan dan pembinaan komponen cadangan. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan alat Ordirga ( Mini Drone) kepada Perwakilan SMAN 3 Kupang, SMA Geovanni dan SMKN 2 Kupang.