Notification

×

Iklan

Iklan

Begini Cara Mahasiswa Prodi Agroteknologi bersama Wilayah XVII Paroki St Yosep Naikoten-Kupang “Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Fermentasi”

Minggu, 07 Agustus 2022 | Agustus 07, 2022 WIB Last Updated 2022-08-06T16:25:34Z


Foto Bersama Mahasiswa Prodi Agroteknologi pada Kegiatan Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Fermentasi

Sarainews-Kupang,-Mahasiswa Prodi Agroteknologi bersama Wilayah XVII Paroki St. Yosep Naikoten-Kupang  kembali melakukan kegiatan“Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Fermentasi” yang diselenggarakan di KUB Mater Salvatoris, Jln Asoka No. 1 Oetona, Kelurahan Bakunase II, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang pada Sabtu, 06/08/2022

Kegiatan berlangsung dengan pengantar dari Agustina Etin Nahas tentang “manfaat kelapa dan cara membuat minyak kelapa murni dengan fermentasi”, dan diikuti dengan praktek langsung.

Proses Parut Kelapa Menggunakan Mesin Parut Kelapa

Kelapa adalah satu jenis buah yang mudah sekali kita temukan di negara tropis seperti negara kita tercinta, Indonesia. Buah ini selain bisa dimanfaatkan airnya yang segar untuk pelepas dahaga, ternyata daging kelapa juga bisa dimanfaatkan menjadi minyak. Cara membuat minyak kelapa ini sudah dikenal sejak dahulu kala dengan cara yang sederhana. Minyak kelapa, tak hanya bisa digunakan untuk bidang kuliner, dapat juga digunakan di dunia kecantikan dan pengobatan, ungkap Etin Nahas.

Lebih lanjut Agustina Etin Nahas mengatakan bahwa polemik minyak goreng saat ini tak kunjung usai, selain soal harga, masyarakat juga kini dihadapkan dengan situasi minyak goreng langkah di pasaran. Melihat kondisi tersebut, mungkin sudah waktunya kita beralih ke alternatif pengganti minyak goreng yakni menggunakan minyak kelapa untuk menggoreng atau menumis, bahkan kelebihannya bisa membuat masakan lebih beraroma.

 Kepada wartawan Etin mengatakan bahwa cara membuat minyak kelapa itu sangatlah mudah dalam pengolahannya, lebih praktis, sederhana, ekonomis dan dapat dilakukan sendiri di rumah. 

Berikut ini cara memilih kelapa yang baik digunakan sebagai minyak kelapa. Jika membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat. Berikut langkah-langkahnya :

Pilihlah kelapa yang bekualitas baik, matang dan juga segar.

Kupaslah buah kelapa, ambil dagingnya.

Bersihkan kelapa, lalu parut dan campurlah dengan air matang kemudian peras.

Dari hasil parutan tersebut segera kita tuangkan ke wadah (ember yang ada tutupnya), dan diamkan selama 24 jam dalam ruangan 32 derajat celcius. Proses penyimpanan ini akan membuat air dan minyak terpisah.

Saringlah air yang sudah terpisah dengan minyak, dan minyak itu sendiri akan menghasilkan warna putih pucat.

Setelah minyak terbentuk, tuangkan ke dalam botol yang telah disiapkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Daniel Ndiwa kepada wartawan dirinya mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut untuk membangun kesejahteraan  khususnya sebagai bekal ilmu bagi mahasiswa kedepannya ketika suatu saat mereka sudah menyelesaikan pendidikan sarjana dan kembali ke kampung dapat membuat minyak kelapa dengan cara yang mudah dan praktis.

Proses Peras Kelapa yang Sudah Dicampur dengan Air Matang

Dalam kesempatan tersebut juga, Agustina Etin Nahas menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan “Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Fermentasi: Daniel Ndiwa umat Wilayah XVII, dan Vinsensius Rahmat, Febrianus Efantri , Theodorus Ampur, Soternes Haca , Juandry Kelaman mahasiswa Prodi Agroteknologi Faperta Undana yang selalu setia dan turut membantu dalam kegiatan tersebut. 

Etin berharap dengan adanya kegiatan “Membuat Minyak Kelapa Murni dengan Fermentasi”, dapat menjadi bekal ilmu pengetahuan bagi semua pihak yang membutuhkannya.