Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen, Mahasiswa Prodi Agroteknologi dan Alumni Faperta Undana Lakukan PKM di Kelompok Tani Sion, Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten TTS

Senin, 05 September 2022 | September 05, 2022 WIB Last Updated 2022-09-09T00:29:50Z


Foto: Tim Dosen, Mahasiswa PS Agroteknologi, dan Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana Terlibat dalam PKM Bagi Kelompok Tani Sion, Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Sabtu, 04 September 2022 lalu 

Sarainews.Com-Kota Kupang,- Tim Dosen, Mahasiswa Program Studi Agroteknologi, dan Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana melakukan PKM Bagi Kelompok Tani Sion, Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan, 04 September 2022  lalu.

PKM ini dilakukan dengan target Bagi Kelompok Tani Sion, Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh sejumlah anggota Kelompok Tani dengan Denci Talae (ketua Kelompok Tani) dan Tim Dosen Dr. Ir. Mayavira V. Hahuly, MCP, Prof. Ir. Agnes V. Simamora, MCP, Ph.D, Agustina Etin Nahas, SP, M.Si, Petronella S. Nenotek, SP, M.Si, Widasari Bunga, SP, M.Sc; Rika Ludji, SP., M.Si, Julinda B.D. Henuk, SP., M.Si, Ryan Pieter Imanuel Nalle, S.TP, M.Si, dan Ni L.P.R Cakswindryandani, S.TP., M.Si, serta melibatkan beberapa Alumi dan Mahasiswa PS Agroteknologi.

Kegiatan PKM ini mengambil tema “Optimasi Budidaya Jeruk Dan Sayuran Di Kelompok Tani Sion, Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan" Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Mayavira V. Hahuly, MCP, selaku ketua pelaksana PKM.

Dr.Mayavira menjelaskan tujuan pelaksanaan PKM tersebut untuk melatih dan mendampingi anggota kelompok tani mengenai budidaya jeruk dan sayuran dalam hal pemangkasan tanaman jeruk agar produktivitasnya dapat meningkat, penggunaan mulsa untuk efisiensi pengairan dan pengelolaan gulma.

Ia juga menambahkan perlu adanya alih teknologi guna memperbaiki efisiensi penggunaan sumber daya dalam budidaya tanaman untuk memberikan solusi alternatif  bagi permasalahan mitra yang selama ini dihadapi, dengan memberi penyuluhan tentang arti penting pemangkasan tanaman jeruk dan metode pemangkasan yang dianjurkan; melakukan pelatihan dan pendampingan pemangkasan tanaman jeruk di kebun kelompok tani; memperbaiki pola tanam sayuran labu siam, terutama dengan membuat para-para tempat merambatnya tanaman tersebut. Para-para tersebut selain berguna untuk memperbaiki pola pertumbuhan tanaman, juga berfungsi menambah keindahan kebun; memberikan pencerahan kepada kelompok tani tentang peranan mulsa dalam budidaya sayuran, dan pengaplikasiannya, ungkap Mayavira.

Foto: Tim Dosen , Mahasiswa PS Agroteknologi, dan Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana sedang Membuat Para-Para Tempat Merambatnya Labu Siam, Memasang Mulsa Untuk Budidaya Sayuran Dan Melakukan Pelatihan dan Pendampingan Pemangkasan Tanaman Jeruk Di Kebun Kelompok Tani 

Kegiatan  PKM ini  dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan serta praktek secara langsung di lapangan. Materi penyuluhan yang diberikan adalah 1) Pemangkasan jeruk oleh Agustina Etin Nahas, SP, M.Si; 2) Pengendalian gulma oleh Prof. Ir. Agnes V. Simamora, MCP, Ph.D; 3) Budidaya labu siam oleh Dr.Ir. Mayavira V. Hahuly, MCP; dan Peranan mulsa dalam budidaya sayuran serta jenis-jenis mulsa oleh Widasari Bunga, SP., M.Sc.

Dalam kesempatan tersebut, ibu Demsi Talak sebagai ketua Kelompok Tani menyampaikan terima kasih kepada Tim Dosen, Mahasiswa Prodi Agroteknologi, dan alumi Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana yang sudah menggelar kegiatan PKM “Optimasi Budidaya Jeruk Dan Sayuran Di Kelompok Tani Sion, Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan" dengan baik dan lancar. Ia berharap semoga kedepannya ilmu yang sudah diperoleh melalui kegiatan PKM ini dapat bermanfat, mari kita saling mendukung satu sama yang lain " Ungkap Demsi.