Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Pada Ikan Kerapu Sunu (Plectropomus maculatus)

Rabu, 05 April 2023 | April 05, 2023 WIB Last Updated 2023-04-05T04:53:45Z

CARA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT PADA IKAN KERAPU SUNU (Plectropomus maculatus)

Nama : Mustaqim

NIT : 22.3.06.025

Kelas : Teknik Budidaya Perikanan A(TBP A)

Mata Kuliah : Hama Dan Penyakit Ikan

Dosen Pengampu : Risris Yuli Valentine ,S,Pi.M.P


Ikan kerapu sunu (Plectropomus maculatus)merupakan salah satu Ikan konsumsi air laut yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Keistimewaan Ikan sunu juga memiliki daging yang gurih dan lezat loh. Sedangkan pemasaran Ikan kerapu sunu sendiri tidak hanya di pasarkan di pasar lokal saja loh, bahkan sampai ke pasar luar negeri. Seperti Jepang, Singapura, hongkong, dll.

Budidaya ikan kerapu sunu juga masih sangat berpotensi untuk di kembangkan dan telah terbukti dapat di budidayakan secara optimal baik di (keramba jaring apung) KJA, tambak, maupun bak-bak budidaya. Dan peluang pembudidayaanya masih sangat terbuka, karna potensi lahan budidaya masih banyak tersedia.

Namun dalam proses budidaya masih banyak di temukan kendala-kendala mulai dari kualitas air, padat tebar, wadah budidaya, pakan, penyakit,dll. Kendala utama yang merugikan pembudidaya adalah penyakit, sebab bila Ikan yang kita budidaya terserang penyakit otomatis, laju pertumbuhan ikan akan lama (kerdil), dan proses pemeliharaannya akan semakin lama, konversi pakan, padat tebar yang rendah, dan yang paling sangat di takutkan adalah kematian ikan yang di budidayakan tersebut.

Adapun salah satu penanggulangan dan pencegahan adalah dengan pengobatan. Pengobatan lebih di tekankan pada penggunaan pendekatan alami, dengan pendekatan alami di harapkan mampu memberikan hasil yg maksimal dan tidak mengakibatkan adanya efek samping.

Bahan pengobatan alami yang biasanya digunakan antara lain umbi kunyit, daun sirih, dan buah mahkota dewa. Tidak di ragukan lagi khasiat penggunaanya sudah terbukti dari dahulu kala banyak di gunakan oleh nenek moyang.