Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Ikan Nila

Kamis, 06 April 2023 | April 06, 2023 WIB Last Updated 2023-04-05T15:40:13Z


Nama: Petronela Rambu Lika Lidja

Prodi: TBP B

NIT:22.3.06.066

Dosen Pengampu: Ibu Riris Yuli Valentine,S.Pi, M. P

POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN KUPANG


Salah satu yang dicapai dalam suatu usaha budidaya perikanan adalah keberhasilan. Namun, ada faktor yang dapat mengambat keberhasilan tersebut penyebabnya karena adanya Hama Dan Penyakit pada ikan. Hama merupakan organisme yang dapat merusak dan mengganggu aktivitas organisme lain. Sedangkan, Penyakit adalah gangguan kesehatan pada salah satu organisme sehingga dapat menyebabkan kerugian.



Saat ini perkembangan hama dan penyakit dalam dunia perikanan salah satunya budidaya menjadi semakin meningkat jika tidak ada penanganan yang dilakukan. 


Pada budidaya ikan nila satu hama yang menyerang adalah hama pemangsa diantaranya adalah katak, ular,dan burung. Oleh karena itu diperlukan Biosecurity yang dapat menjaga lokasi budidaya dari hama tersebut seperti pembuatan pagar disekeliling lokasi budidaya agar hama tersebut tidak masuk ke dalamnya sehingga kegiatan budidaya berjalan dengan lancar. 


Adapun penyakit yang dapat mengganggu kesehatan pada budidaya ikan nila yaitu Saprolegniasis, dimana penyakit ini disebut oleh jamur Saprolegnia sp. yang gejalanya awalnya muncul bercak putih pada beberapa bagian tubuh ikan. Penyebab ikam nilai berjamur adalah karena air pada kolam atau wadah budidaya yang sangat kotor,. Jamur ini dapat berkembang dengan sangat cepat pada kolam dengan suhu air yang sangt tinggi. Cara mengatasinya dengan memisahkan ikan yang telah terkena jamur telebih dahulu agar tidak menular kepada ikan lain yang masih sehat. Cara menghilangkannya penyakit ikan ini dengan merendam ikan di air garam biarkan selama 24 jam agar dapat mengatasi jamur secara efektif.