Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Pengendalian Penyakit Udang Vannamei

Selasa, 04 April 2023 | April 04, 2023 WIB Last Updated 2023-04-04T02:28:56Z


Oleh:

Maria Patrisia Finu Jaja 

Nit:22.3.06.032

Prodi:Teknik Budidaya Perikanan A/(II) 

Mata kuliah :Hama Dan Penyakit Ikan

Dosen Pengampu:Riris Yuli Valentine, S. Pi. M. P

           

Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu jenis udang yang bernilai ekonomis tinggi, dan merupakan hasil perikanan yang dapat menghasilkan devisa bagi negara.


Di bidang budidaya Vannamei masih merupakan usaha yang cukup menggiurkan karena permintaan akan udang ini masih tinggi. Jika Anda ingin memulai usaha budidaya vannamei, banyak hal yang perlu persiapkan.


Salah satu hal yang harus dipersiapkan untuk dilakukan adalah penanganannya guna mengetahui jenis penyakit pada vannamei.


Vannamei sangat rentan terhadap penyakit, sehingga penanganan penyakit atau tindakan pencegahan harus dilakukan. Bahkan ada beberapa penyakit vannamei yang bisa menyebabkan kematian.


 Oleh karena itu dilakukan tindakan preventif agar penyakit vannamei tidak kembali menyerang. Tindakan preventif berikut ini lebih baik daripada harus merawat vannamei:

 1. Sesuaikan kepadatan tambak

Kolam yang terlalu padat dapat menyebabkan stres pada vannamei, dan stres pada vannamei sering tidak mau makan sehingga menyebabkan penurunan imunitas tubuh yang tentunya membuat vannamei lebih mudah terserang penyakit.


Oleh karena itu, untuk menyesuaikan kepadatan tambak Penaeus vannamei, sesuai dengan sistem budidaya yang dianut, usahakan untuk tidak memelihara udang lebih dari 100 ekor dalam satu tambak berukuran 1m2.

 2. Pemisahan udang sakit

Beberapa penyakit menyebar sangat cepat di antara vannamei, sehingga vannamei yang berpenyakit perlu diisolasi di kolam khusus, jika dilakukan dengan segera maka penularan penyakit ke vannamei lebih lanjut dapat dicegah.


Segera setelah mengisolasi vannamei yang sakit, ganti air kolam untuk memastikan bebas dari bakteri, virus, parasit atau jamur.

3. Berikan suplemen

Pemberian suplementasi juga penting untuk meningkatkan daya tahan vannamei terhadap serangan kandang


Spesialis Perikanan GDMS Suplemen Organik Cair Spesialis Perikanan GDMS mengandung rumput laut, minyak hewani dan alga, perpaduan ketiga bahan tersebut memiliki mineral dan vitamin yang tinggi, menjadikan Penaeus vannamei lebih sehat.


Juga, suplemen organik cair Spesialis Penyakit GDMS. Pemberian suplemen yang tepat, seperti suplemen ikan cair organik juga dapat meningkatkan jumlah plankton di air kolam Anda. Hal ini akan meningkatkan kualitas air tambak sehingga lebih cocok sebagai habitat vannamei.