Notification

×

Iklan

Iklan

Hama dan Penyakit Pada Ikan Gurame

Rabu, 05 April 2023 | April 05, 2023 WIB Last Updated 2023-04-05T03:42:23Z

Nama : Handrika Melania Ripo Mole

Prodi : Teknik Budidaya Perikanan ( TBP) A.

NIT : 22.3.06.015

Mata kulia :Hama dan Penyakit Ikan

Dosen Pengampuh: Riris Yuli Valentine,S.Pi.,M.P

 

HAMA DAN PENYAKIT PADA IKAN GURAME

     Hama dan penyakit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan ikan gurame.Gurame yang telah terjangkit penyakit dapat menurunkan ekonomisnya.Tidak hanya itu,adapun beberapa jenis yang dapat menimbulkan kematian pada gurame.Diketahui tingkat kematian pada ikan gurame yang terkena penyakit mencapai 50 hingga 100%. Oleh karena itu, harus melakukan suatu cara agar mencegah hama dan penyakit pada ikan gurame.Keberadaan hama dan penyakit dapat menyebabkan kerugian.Untuk bisa mengendalikannya terlebih dahulu harus dapat mengetahui gejala-gejala yang dialami.

        Adapun berbagai macam hama yang terdapat pada ikan gurame adalah sebagai berikut:

      1.) Hama Perusak.

               Hama ini terdapat pada kepiting dan belut karena hewan itu memiliki kemampuan untuk merusak lingkungan tempat budidaya ikan gurame.

      2.)Hama Pesaing.

               Hama ini menjadi pesaing dengan cara merebut makanan dan oksigen dalan kolam tersebut.

      3.) Hama Pemangsa.

              Ada beberapa hewan yang dikatakan predator yakni biawak,burung dan ular.Hewan-hewan ini harus diwaspadai karena dapat menyebabkan kerugian yang besar.

Selain hama,gurame juga rentan terhadap penyakit.Secara umum penyakit yang menyerang gurame adalah non parasiter dan parasite.Penyakit parasiter terjadi akibat ketidaksinambungan faktor fisika dan kimia.Sedangkan parasiter adalah penyakit yang disebabkan oleh organisme seperti virus dan bakteri.

Adapun beberapa penyakit yang terdapat pada gurame sebagai berikut:

     1.Bercak Merah.

     2.Bintik Putih.

3.Jamur.

4.Kutu Ikan.

      Dengan mengetahui berbagai hama dam penyakit pada ikan gurame,kita dapat mengatasinya dengan baik dan benar dengan cara membersihkan kolam dan ganti air pada kolam secara teratur agar terhindar dari hama dan penyakit yang dapat merugikan.