Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen dan Mahasiswa Prodi Agroteknologi (Program MBKM), Faperta Undana Lakukan PKM di Kelompok Tani Suka Maju, Kelurahan Lasiana, Kota Kupang

Senin, 21 November 2022 | November 21, 2022 WIB Last Updated 2022-11-21T06:19:18Z


Tim Dosen dan Mahasiswa PS Agroteknologi (Program MBKM)Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana Terlibat dalam PKM di Kelompok Tani Suka Maju, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Sabtu, 19/11/2022


Sarainews.Com-Kota Kupang,- Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi  Agroteknologi  (Program MBKM), Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana melakukan PKM di kelompok Tani Suka Maju, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Sabtu, 19/11/2022  lalu.


Dalam kegiatan tersebut tampak hadir Samuel B. Rewa (Ketua Kelompok Tani Suka Maju) dan Tim Dosen Ir. Titik Sri Harini, MP, Ir. Zainal Abidin, MP, Yohanes U.R. Iburuni, SP., M.Si, Agustina Etin Nahas, SP., M.Si dan Rika Ludji, SP., M.Si serta melibatkan 2 orang Mahasiswa PS Agroteknologi (Program MBKM): Arwandi Tualaka dan Vinsensius Rahmat.


Kegiatan PKM ini mengambil tema “Pembuatan Eco Enzyme untuk Pemeliharaan Tanaman dan Cairan Pembersih Rumah Tangga". Kegiatan tersebut didahului pengantar oleh Ir. Zainal Abidin, MP (salah satu Tim PKM) menjelaskan mengenai salah satu tugas dosen dalam Tridharma Pergururuan Tinggi adalah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat selain Pengajaran dan Penelitian.


Selanjutnya Ir. Titik Sri Harini, MP, selaku ketua pelaksana PKM membuka kegiatan PKM tersebut serta menjelaskan tujuan pelaksanaan dari PKM tersebut. Menurutnya kegiatan PKM ini  bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang selama ini dihadapi yaitu belum dimanfaatkannya sampah organik rumah tangga yang berasal hasil limbah  dari buah-buahan dan sayuran mentah (yang belum dimasak atau diproses),  yang kemudian diolah secara fermentasi untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk pemeliharaan tanaman sebagai pupuk tanaman dan pengusir hama serta cairan pembersih rumah tangga..


Agustina Etin Nahas, SP., M.Si juga menambahkan perlu adanya upaya pengelolaan yang tepat agar sampah organik bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan, berguna dan mempunyai nilai ekonomis.,”kata Etin.

Tim Dosen dan Mahasiswa PS Agroteknologi (Program MBKM), Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana sedang Membuat Eco Enzyme bersama Kelompok Tani Suka Maju, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang

Tim Dosen dan Mahasiswa PS Agroteknologi (Program MBKM), Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana sedang Membuat Eco Enzyme bersama Kelompok Tani Suka Maju, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang


Kegiatan  PKM ini  dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan serta praktek secara langsung di lapangan. Materi yang disampaikan meliputi: 1) Cara Pembuatan Eco Enzyme, 2) Tanda Eco Enzyme berhasil dengan baik, 3) Manfaat cairan Eco Enzyme.


Dalam kesempatan tersebut, Samuel B. Rewa sebagai ketua kelompok mitra, menyampaikan terima kasih kepada Tim Dosen dan Mahasiswa Prodi Agroteknologi (Program MBKM), Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana yang sudah melakukan kegiatan PKM pada  Kelompok Tani Suka Maju, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. 


Ia berharap Semoga kedepannya Eco Enzyme ini dapat membantu petani untuk pemeliharaan tanaman sebagai pupuk tanaman dan pengusir hama serta cairan pembersih rumah tangga. 


"Dengan adanya ini kegiatan tentunya kami berharap bisa memanfaatkan sampah organik rumah tangga yang berasal hasil limbah  dari buah-buahan dan sayuran mentah (yang belum dimasak atau diproses),  secara baik untuk diolah secara fermentasi dan selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari" Ungkap Samuel