Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Dosen, Mahasiswa PS Agroteknologi, dan Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana Kembali Lakukan PKM Mengidentifikasi dan Mengendalikan Hama dan Penyakit Untuk Mengembangkan Potensi Pisang Sebagai Sumber Pendapatan Masyarakat Di Desa Buraen, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jumat, 21 Juni 2024 | Juni 21, 2024 WIB Last Updated 2024-06-21T03:43:38Z
Foto Bersama : Tim Dosen, Mahasiswa PS Agroteknologi, dan Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana Terlibat dalam PKM Mengidentifikasi dan Mengendalikan Hama dan Penyakit Untuk Mengembangkan potensi Pisang Sebagai Sumber Pendapatan Masyarakat Di Desa Buraen, , Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Jumat, 15 Juni 2024 lalu.

Sarainews.Com-Kab Kupang,- Tim Dosen, Mahasiswa Program Studi Agroteknologi, dan Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana melakukan “PKM Mengidentifikasi dan Mengendalikan Hama dan Penyakit Untuk Mengembangkan potensi Pisang Sebagai Sumber  Pendapatan  Masyarakat Di  Desa Buraen,  Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur ”, pada Jumat, 15 Juni 2024 lalu.


PKM ini dilakukan dengan target Bagi Kelompok Tani di Desa Buraen,  Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh sejumlah anggota Kelompok Tani dan Tim PKM Dosen: Ir. I Wayan Mudita, M.Sc, Ph.D, Prof. Agnes V. Simamora, MCP, Ph.D; Agustina Etin Nahas, SP, M.Si; Petronella S. Nenotek, SP., M.Si, Diana Y.L. Serangmo, SP., MP; Don Harrison Kadja,SP.,M.Sc,I Wayan Nampa, SP., M.Agb serta melibatkan Alumi Prodi Agroteknologi (Arto Erlando Soreninu) dan beberapa Mahasiswa PS  Agroteknologi ( Cornelius P. Seran, Miona S. Uli, Junior Mandiri Pratama Asbanu;  Angelica Apriliane Win Nono dan Febriyanti P Dacosta, Martyn B.R Riwu, Viktorianus Jehaut, Speratus Caesario Unus Pasi dan Tesa M.T Nubein dan Elgandis Santika Uru).


Kegiatan PKM ini diawali oleh pengantar dari Agustina Etin Nahas, SP., M.Si (sebagai MC dan salah satu anggota Tim PKM). Adapun tema umum kegiatan PKM, menurut Etin yaitu “PKM Mengidentifikasi dan Mengendalikan Hama dan Penyakit Untuk Mengembangkan potensi Pisang Sebagai Sumber  Pendapatan  Masyarakat Di  Desa Buraen, , Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur”.


Kegiatan dibuka secara langsung oleh Koordinator Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana ibu Petronella S. Nenotek, SP., M.Si.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, salah satu Tridharma dosen adalah Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dan hari ini adalah kegiatan PKM yang kedua kalinya di Desa ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dari marilah kita terus berkolaborasi kedepannya. 


Selanjutnya Ir. I Wayan Mudita, M.Sc, Ph.D, selaku ketua pelaksana PKM menjelaskan tujuan pelaksanaan PKM tersebut. Menurutnya  tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan PKM ini adalah:  untuk memberikan informasi mengenai cara mengidentifikasi dan mengendalikan hama dan penyakit serta cara memanfaatkan pisang sebagai sumber pendapatan kepada masyarakat petani di Desa Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Ia juga menambahkan bahwa pendekatan metodologis penyelesaian masalah dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan keanekaragaman hayati dan ketahanan hayati.  Kedua pendekatan ini dipadukan dalam pelaksanaannya dengan menggunakan metode penyeledikan apresiatif, dengan menggunakan langkah 5-D, sebagai berikut: (1) mendefinisikan tujuan (definition), (2) penemuan potensi positif (discover), (3) perumusan visibersama (dream), (4) perancangan kegiatan (design), dan (5) penyiapan pelaksanaan kegiatan (destiny)  yang saling berkaitan satu sama lain, ungkap Wayan.


Kegiatan  PKM ini  dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan serta praktek secara langsung mengenai berbagai olahan dari pisang. Materi penyuluhan yang diberikan adalah 

Mengenal dan Memilih Pisang sebagai Sumber Pendapatan (I Wayan Mudita)

Menyiapkan Diri Menghadapi dan Mengatasi Penyakit Layu Fusarium, Penyakit Kerdil, dan Penyakit Darah Masuk dari Luar (Agnes V. Simamora)

Mengolah dan Menyajikan Hasil Olahan Pisang dengan Cara Baru sebagai Sumber Pendapatan (Diana Yudi Lestari Serangmo)

Memasarkan Pisang Belajar dari Kerusakan Pisang di Pulau Sumba dan Pulau Flores (I Wayan Nampa)

Mengenal dan Mengatasi Hama Pisang yang Sangat Merusak (Petronella S. Nenotek)

Membudidayakan Pisang Secara Sehat dan Menarik sebagai Sumber Pendapatan (Agustina Etin Nahas)

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Pisang yang Sangat Merusak (Don Harison Kadja)



Foto Kegiatan PKM : Berbagai Olahan Pisang untuk Anake Kue

Foto Kegiatan PKM : Berbagai Olahan Produk Batang Pisang untuk Sayur Ares Masakan Khas Bali


Setelah kegiatan PKM, kami melanjutkan diskusi bersama petani tentang berbagai masalah yang mereka alami selama budidaya tanaman pisang. 


Foto Kegiatan Diskusi Bersama dengan Petani dan Narasumber

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Matheos Keo, salah satu anggota kelompok tani. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Dosen Undana bersama mahasiswa yang sudah memberikan banyak ilmu terapan kepada kami, semoga kegiatan ini kedepannya terus berlangsung dengan berbagai kegiatan inovasi yang lainnya.


Dalam kesempatan tersebut, Arto Erlando Soreninu (Alumni Prodi Agroteknologi) yang mengkoordinir dalam kegiatan PKM ini, menyampaikan terima kasih kepada Tim Dosen, Mahasiswa Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana yang sudah menggelar kegiatan “PKM Mengidentifikasi dan Mengendalikan Hama dan Penyakit Untuk Mengembangkan potensi Pisang Sebagai Sumber  Pendapatan  Masyarakat Di  Desa Buraen,  Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur ”, dengan baik dan lancar. Ia berharap semoga kedepannya ilmu yang sudah diperoleh melalui kegiatan PKM ini dapat bermanfaat, mari kita saling mendukung satu sama yang lain “ Ungkap Arto.

Foto Penyerahan Mulsa Kepada Kelompok Tani oleh Ketua PKM (Ir. I Wayan Mudita, M.Sc, Ph.D)