Notification

×

Iklan

Iklan

Wilayah XVII Paroki St Yosep Naikoten-Kupang Bersama Mahasiswa Prodi Agroteknologi Melakukan Penanaman Bibit Sayuran pakcoy Menggunakan Pupuk Bokashi

Minggu, 17 Juli 2022 | Juli 17, 2022 WIB Last Updated 2022-07-17T04:04:39Z

Foto Bersama Wilayah XVII Paroki St Yosep Naikoten-Kupang Bersama Mahasiswa Prodi Agroteknologi Setelah Melakukan Penanaman Bibit Sayuran  pakcoy Menggunakan Pupuk Bokashi 

Sarainews-Kupang,-Wilayah XVII Paroki St Yosep Naikoten-Kupang bersama Mahasiswa Prodi Agroteknologi melakukan kegiatan penanaman bibit sayuran pakcoy pakai pupuk bokashi yang diselenggarakan di KUB Mater Salvatoris, Jln Asoka No. 1 Oetona, Kelurahan Bakunase II, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang pada Kamis,16/07/2022.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut ketua wilayah Stefanus Mau dan wakil ketua wilayah XVII Daniel Ndiwa. 

Dosen Agustina Etin Nahas memberikan arahan saat mengisi media berupa Bokashi kedalam polibag 

Kegiatan berlangsung dengan pengantar dari Agustina Etin Nahas tentang “cara menanam bibit sayur pakcoy dalam polibag atau wadah pot plastik bekas dengan media pupuk bokashi yang sudah dibuat sebelumnya oleh umat Wilayah XVII” , dan diikuti dengan praktek langsung. 

Proses pengisian media tanah yang dicampur kan dengan Bokashi dan penanaman bibit sayuran pakcoy

Hadir dalam kegiatan tersebut Agus Mooy sebagai penasehat sekaligus ketua KUB Mater Salvatoris, kepada wartawan dirinya mengaku bahwa Kegiatan tersebut sangat bagus  untuk membangun kesejahteraan  khususnya umat katholik 

Ia juga berharap semoga Wilayah XVII akan menjadi contoh bagi wilayah yang lain dalam Paroki St Yosep Nailoten "Mari kita bekerja sama yang baik, dan kita bagikan pengalaman atau ilmu ini kepada wilayah yang lain yang membutuhkannya dan tentunya harus ada kemauan yang keras" ungkap Agus Mooy

 

Penyiraman pertama kali setelah ditanam dalam pot dan polibag

Lebih lanjut Nikolaus Boleng Ola mengatakan kegiatan penanaman bibit pakcoy pada hari ini  benar-benar sangat berkesan karena yang namanya langkah awal biasanya orang itu sulit, kita sudah memulai langkah awal yang bagus, jadi dengan berharap langkah awal itu akan diikuti oleh langkah-langkah selanjutnya yang lebih besar lagi, ungkap Nikolaus.

Hadir juga pada kegiatan tersebut beberapa anggota Wilayah XVII Ibu Sel Kaluge, Ibu Rosa Tarru, Lorens Penga, Bpk Anton Ndae, Bpk Eduardus Nabi, Simon Saat, Hendrikus Halim dan yang lainnya yang tidak sempat sebut namanya satu persatu. 

Dalam kesempatan tersebut juga, Agustina Etin Nahas menyampaikan terima kasih kepada ketua dan wakil ketua serta semua umat Wilayah XVII yang berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan penanaman bibit Pakcoy menggunakan pupuk bokashi sebagai media tanam, hasil kerja umat Wilayah XVII sebelumnya.

 Ia juga berterima kasih secara khusus untuk Vinsensius , Febrianus dan Junior mahasiswa Prodi Agroteknologi Faperta Undana yang selalu setia dan turut membantu dalam kegiatan tersebut. 

Etin berharap dengan adanya kegiatan penanaman bibit pakcoy perdana tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari launching tanaman organik wilayah XVII, "walaupun masih banyak umat yang berhalangan hadir karena berbagai kesibukan keluarga. Mari kita bersatu padu membangun Wilayah XVII tercinta ini atas dasar persaudaraan yang kuat dan kokoh" ungkap Etin.