Notification

×

Iklan

Iklan

Berantas Kemiskinan Simon Dira Tome Janji Bangun Sabu Raijua dari Sektor Pertanian

Sabtu, 11 Mei 2024 | Mei 11, 2024 WIB Last Updated 2024-05-10T15:46:16Z
 
Foto : Simon Petrus Dira Tome Bakal Calon Bupati Sabu Raijua

Sarainews.Com-Sabu Raijua,-Sektor pertanian merupakan sektor yang akan menjamin kebutuhan pokok setiap manusia, tanpa pertanian maka kehidupan manusia pasti berhenti.

Bicara pertanian maka kita akan berbicara tentang pangan sehingga dalam sebuah negara atau daerah, masalah pangan menjadi prioritas karena pangan berkorelasi langsung dengan hidup dan mati serta kesejahteraan yang dituju. Oleh karena itu, setiap daerah wajib berjuang memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya.

Atas pemikiran itulah, Bakal Calon Bupati Sabu Raijua, Simon Petrus Dira Tome bertekad untuk terus membangkan sektor pertanian agar Masyarakat Sabu Raijua bisa keluar dari kemiskinan .

"Agar Daerah ini keluar dari kemiskinan, maka kita harus kembangkan sektor pertanian karena pertanian berhubungan dengan hidup dan matinya seseorang " ucap Bakal Calon Bupati dari Partai Golkar itu, Rabu (08/05/2024) 

Untuk meningkatkan, Produksi pangan maka hal yang harus diperhatikan kedepan adalah menjadikan Petani sebagai subjek bukan sebagai objek sehingga pemenuhan kebutuhan pertanian mereka harus menjadi prioritas mulai dari pupuk yang mudah didapat dan murah, pestisida, alsintan traktor, hand traktor, kultifator, selang , benih, ketersediaan air lewat pembangunan embung besar dan kecil sampai pada pembangunan bendungan serta pengerukan embung yang sudah penuh dengan sedimen.

Selain bicara pemenuhan kebutuhan pangan, kata pria yang akrab disapa Mariwu itu, Pertanian juga berbicara tentang peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Sabu Raijua karena jika sektor pertanian dikembangkan dengan baik maka akan memicu sektor industri pangan ,baik home industry , industri sedang hingga industri besar sehingga lapangan pekerjaan terbuka dan masyarakat mengalami peningkatan ekonomi ke arah yang lebih baik.

"Kita punya cita-cita dan harapan bahwa Sabu Raijua kedepan akan semakin banyak home industri , industri sedang dan industri besar yang mengelola hasil pertanian sehingga terjadilah penciptaan lapangan pekerjaan dan peningkatan ekonomi masyarakat" ucapnya

Ia mencontohkan beberapa industri pangan yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan misalnya pabrik pengolahan pakan ternak yang tentu sala satu bahan bakunya adalah jagung.

Selain itu ,kata Simon, Sabu Raijua punya kualitas tomat yang luar biasa sehingga potensi ini bisa menjadi industri saos yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. 

"Kita punya kualitas tomat di Sabu Raijua yang sangat luar biasa, hal ini bisa kita bangun industri saos, sehingga orang Sabu tidak lagi konsumsi saos yang diproduksi dari luar "ucapnya 

Lebih lanjut menurut Simon, kedua industri diatas baru dihasilkan dari 2 komoditas , akan tetapi masih banyak komoditas pertanian lainnya yang akan dibangun.

Semua industri kecil, industri sedang dan besar , kata Mariwu tentu membutuhkan garam sehingga sangat relevan dengan perjuangan dirinya bersama beberapa investor di Sabu Raijua untuk membangun tambak garam.


"Ada orang yang bertanya apa yang telah kami buat untuk daerah ini, tentu banyak hal mulai dari sektor pertanian seperti bantuan bibit, alsintan, pembangunan embung yang kami kerjakan dari uang pribadi, belom lagi kami telah berjuang untuk membangun kembali tambak garam dengan menggandeng pihak swasta melalui PT Nataga RaiHawu Industri dan ada banyak investor yang sudah komunikasi untuk datang membangun Sabu Raijua melalui beberapa sektor sehingga lapangan pekerjaan terbuka dan ekonomi masyarakat meningkat" Ucapnya