Notification

×

Iklan

Iklan

IAGI dan PERPIGI NTT Kenalkan Geowisata Kepada Pelajar Lewat Aneka Lomba

Rabu, 11 Oktober 2023 | Oktober 11, 2023 WIB Last Updated 2023-10-11T04:06:26Z

 

Gambar : Foto (Panitia Lomba) Lomba Geowisata Goes To School (07/10/23) di UPTD Museum NTT kota Kupang

Sarainews.com-Kupang,-Ikatan Ahli Geologi Indonesia  (IAGI) dan Perkumpulan Pemandu dan Interpreter Geowisata Indonesia (PERPIGI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kenalkan Geowisata di NTT melalui aneka Lomba yang digelar di UPTD Museum Provinsi NTT  (07/10/23) dengan tema Geowisata Goes To School.



Adapun aneka perlombaan yang digelar tersebut yaitu Mewarnai, Menggambar, Untuk tingkat SD, Melukis & Menarasikan untuk tingkat SMP, Story telling Untuk tingkat SMA dan Kepemanduan Geowisata untuk tingkat Perguruan tinggi.

Gambar: Foto suasana lomba mewarnai anak-anak salah 

Dr.Herry Z. Kotta Ketua Pengurus Daerah IAGI NTT yang juga menjadi salah satu juri pada gelaran kegiatan tersebut saat diwawancarai Rabu 11 Oktober 2023 menyampaikan bahwa selain bertujuan untuk memperkenalkan Geowisata kepada pelajar gelaran kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempersiapkan generasi penerus pemandu Geowisata di Indonesia.



“Seperti yang kita ketahui bahwa Sektor Pariwisata menjadi program unggulan di NTT, dan salah satu potensi pariwisata di NTT yaitu Geowisata, mulai dari Menara marmer di TTS, Berbatuan megalitik di Sumba, Sabu, hingga gunung Api purba di Wini serta Tuamese gugusan kepulauan dari hasil letusan gunung api purba yang terbentuk lagoon dan masi banyak lagi, 



Memang geowisata menjadi hal yang baru untuk khalayak tetapi sebenarnya menjadi kekayaan Geowisata yang begitu unggul.

Selain itu kegiatan yang digelar oleh IAGI dan PERPIGI NTT selain sebagai upaya memperkenalkan Geowisata kepada pelajar juga bertujuan untuk mempersiapkan generasi penerus pemandu Geowisata di Indonesia khususnya di NTT agar setiap generasi memiliki pemahaman yang sama tentang Geowisata,” ucap Herry.



Herry juga menambahkan bahwa Geowisata sendiri merupakan salah pilar Geopark.”Geowisata ini merupakan salah satu pilar Geopark, yang mana Geopark memuat nilai-nilai yang terkandung dalam 3 Pilar utama terkait Keragaman Geologi (Geodiversity), Keanekaragaman Hayati (Biodiversity), dan Keragaman Budaya (Cultural Diversity).



Sehingga pemandu Geowisata tidak hanya sekedar memahami tetapi juga dapat menjelaskan keaneka ragan pilar Geopark yang ada” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Herry juga menyampaikan terimakasih kepada para sponsor yang telah membantu menyukseskan kegiatan tersebut.


“Kami juga berterimakasih kepada para Sponsor  yaitu BRI, Bank Crista Jaya, TLM, Mc.D, Kios Kaos, Kupang Inn, Aguafit dan Ch.Amos Corputty, yang menjadi Sponsor terselenggaranya kegiatan tersebut,” ungkapnya.



Adapun pemenang dari gelaran lomba tersebut yaitu, kategori TK mewarnai objek geowisata  di juarai  Kanaya Aqila Luthfiyah dari TK Nurul Iman Kupang, kategori SD kelas 1-3 mewarnai objek Geowisata  dijuarai Arafamina Asna Khairunisa dari MI Darul Hijrah Madani.



Kategori SD Kelas 4-6 Menggambar dan  mewarnai Objek Geowisata dijuarai Themie Nathania Elefata dari Bouyant Montessori School, Kategori SMP Melukis  dan Menarasikan Objek Geowisata dijuarai Gabriella Febriana Siagian dari SMP Negeri 8 Kupang.



Kategori SMA/SMK  Story Telling Objek Geowisata dijuarai Reynard A. Koenunu SMA Katolik Giovanni Kupang dan Kategori Mahasiswa  Kepemanduan objek Geowisata  dijuarai Anjela Elvira Mebe  dari Politeknik Negeri Kupang (*Tim)